0812-8188-3411 bravochiller@gmail.com

Perawatan mingguan, Chiller Water Colled meliputi :

  1. Periksa kondisi pompa sirkulasi ChillerUntuk pengecekan pompa sirkulasi dengan cara memeriksa apakah air terpompa ke dalam chiller. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memegang ujung pipa saluran outlet pada water tank. Jika airnya mengalir maka pompa tersebut bekerja dengan baik. Jika tidak mengalir, maka pompa tesebut ngempos.
  2. Bersihkan chiller dan lingkungan sekitar untuk perawatan ini, biasanya dilakukan dengan kebersihan sampah-sampah yang berada di sekitar area mesin chiller. Hal ini dilakukan untuk menjaga keindahan dan kesehatan lingkungan kerja.

 

Perawatan Bulanan Chiller Water Colled

  • Bersihkan panel listrik. Dalam membersihkan panel kita harus ekstra hati-hati. Jangan menggunakan tangan kosong dan kain lap basah. Resiko tersengat tegangan 380 V sangat besar. Gunakanlah alat yang paling aman. Misalnya selang angin dan air gun. Hubungkan selang dengan napple angin compressor. Semprotkan angin ke arah rangkaian komponen dengan jarak kurang lebih 30 cm. Debu yang terdapat pada sela-sela komponen akan hilang.
  • Panel listrik Chiller. Ukur arus compressor. Dalam pengukuran arus compressor alat yang digunakan adalah tang ampere. Lingkarkan tang ampere pada salah satu kabel sumber compressor. Catat hasilnya pada checklist.
  • Ukur temperature condensor. Untuk mengukur temperature condenser kita dapat menggunakan raytec. Sebelumnya buka terlebih dahulu body chiller. Selanjutnya arahkan raytec pada condenser. Tekan tombol untuk mengaktifkan raytec hingga muncul sinar laser. Hasil pengukuran akan nampak pada display raytec, catatlah dalam tabel checklist.
  • Periksa expantion valve Chiller. Untuk pengecekan expantion valve, dapat kita lakukan dengan cara memeriksa kondisinya, apakah masih bisa bekerja optimal atau tidak. Selain itu, periksa pula apakah pipanya beku atau tidak. Bila terjadi kebekuan, maka setting ulang piston. Mungkin settingannya terlalu besar sehingga tekanan pada Freon pun semakin besar.

 

Perawatan 4 Bulanan Chiller Water Colled

Jika pada perawatan tingkat mingguan dan bulanan dilakukan tanpa mematikan mesin Chiller, pada perawatan 4 bulanan ini, mesin chiller harus dalam kondisi non aktif. Untuk itu, biasanya perawatan chiller ini dilakukan ketika beban chiller tidak terlalu berat. Jika temperature chiller berada di atas batas normal, maka perawatan ini ditunda terlebih dahulu. Perawatan yang dilakukan adalah :


Bersihkan Condensor Chiller
  • Condensor merupakan komponen chiller yang sangat vital dalam proses pendinginan icy water. Untuk menjaganya agar condensor ini tetap bekerja optimal, maka diperlukan perawatan yang rutin. Perawatan ini dilakukan setiap 4 bulan sekali.Biasanya setelah bekerja penuh selama 4 bulan, condensor ini mengalami penumpukan kerak di dala